Moissanite Vs Berlian

Berikut adalah perbandingan antara moissanit dan berlian,

Moissanit
Berlian
DAYA TAHAN
Moissanite mendapat skor 9,25 mohs
Berlian adalah mineral yang paling keras yang diketahui dan memiliki nilai 10 pada Skala Kekerasan Mohs.
KECEMERLANGAN
Moissanite memiliki indeks bias dari 2,654 - 2,967, yang lebih tinggi dari berlian.
Indeks bias berlian 2,417
WARNA
Transparan, Hijau, dan Kuning
Transparan (sangat langka), kuning, coklat
HARGA
bisa sepersepuluh dari harga berlian
Mahal
Sistem Kristal
Umumnya 6H Heksagonal (heksagonal)
struktur kristal moissanite


Heksoktahedral (isometrik, oktahedral)struktur kristal berlian
Konduktivitas Panas
baik, hampir setara dengan berlian
Sangat baik, berlian adalah konduktor panas paling efisien
Konduktivitas Listrik
Konduktor listrik yang sangat baik
Berlian tidak menghantarkan listrik
Titik leleh
2730 oC (terdekomposisi)
3550 oC
Rumus Kimia
SiC
C


Begitulah beberapa perbedaan moissanit dan berlian,


Tidak begitu jauh beda sih ya sebenarnya.


Sekilas Tentang Moissanite

Moissanite adalah batu permata yang berasal dari luar angkasa. Moissanite pertama kali ditemukan pada tahun 1893 oleh seorang ilmuwan Perancis bernama Henri Moissan, yang kemudian memenangkan Hadiah Nobel dalam Kimia.


Dia menemukan partikel-partikel mikroskopis permata di Arizona yang kemudian diberi nama seperti namanya untuk menghormati penemuannya. Tempat ditemukannya moissanite tepatnya di sebuah kawah yang terbentuk oleh meteorit yang jatuh ke Bumi. Dia awalnya berpikir bahwa telah menemukan berlian, tetapi kemudian setelah dicek kristalnya, ia menemukan bahwa kristal moissanite tersusun dari silikon karbida (Si-C).

Moissanite alami sangat langka, sehingga moissanite yang tersedia saat ini adalah buatan laboratorium. Setelah bertahun-tahun trial and error, partikel-partikel yang ditemukan Moissan berhasil disintesis, dan menghasilkan apa yang sekarang menjadi salah satu batu permata paling gemilang di dunia.

Moissanite direkayasa untuk memberikan ilusi kemiripan dengan berlian, tetapi secara komposisi dan visual ini berbeda dari berlian asli. Ketahanan, kecemerlangan, dan warna dari dua permata berbeda.

Berterimakasihlah kepada moissan yang telah menemukan batu ini, sehingga bagi cowo-cowo yang mau melamar ceweknya ga perlu jungkir balik mikirin harga berlian yang semakin gila. Pakai moissanit aja kan harganya lebih terjangkau, lagian mirip banget kok.

Nah bagi yang emang pengen belinya berlian, jangan sampe deh ditipu dikasihnya moissanite, silakan dicek dulu sebelum beli, harganya wajar atau tidak. Jangan karena diiming-imingi lebih murah eh ternyata bukan berlian kan malah rugi., silakan dicek dulu keasliannya,. karena ada alat untuk mengeceknya


Sekilas tentang Berlian






Berlian dianggap sebagai primadonanya batu permata bukan hanya karena kekerasan dan keindahanya, tetapi juga karena hampir semua raja dan ratu di seluruh dunia ini menghiasi mahkota mereka dengan berlian.

jadi wajar saja kalo banyak wanita yang suka menghias diri dengan batu permata ini seolah sebagai lambang keunguulan jati diri mereka.

Berlian juga merupakan simbol kesucian dan kesetiaan sehingga lazim dipakai sebagai cincin perkawinan, sementara yang berwarna hitam sering dipercaya sebagai jimat pelindung keselamatan.

Intan (Berlian Kasar) terbesar yang pernah ditemukan berasal dari Afrika Selatan dengan bobot 3.016 carat.

Setelah dibelah dan diasah intan raksasa itu menghasilkan 105 potong intan asahan ; salah satunya yang berbobot 530,2 carat (The Cullinan I) sampai sekarang masih tercatat sebagai pemegang rekor Intan Asahan Terbesar di dunia, dan kini di simpan di Menara London sebagai salah satu batu permata terindah milik kerajaan Inggris.

Di Indonesia sendiri Intan terbesar yang pernah ditemukan (pada tahun 1965) adalah intan "Trisakti", yang kabarnya berwarna merah, dan berbobot 166 carat. Sayang keberadaan intan kebanggan bangsa Indonesia tersebut sampai saat ini masih diliputi misteri.

Andai bisa ditemukan kebali dan dipamerkan, pasti banyak pecinta batu permata yang bersedia mengantri untuk sekedar bisa melihat dan mengaguminya.

Sumber : https://www.diffen.com/difference/Diamond_vs_Moissanite
https://www.brilliantearth.com/news/moissanite-vs-diamond/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Moissanite Vs Berlian"

Posting Komentar