Perbedaan Intan dan Berlian

berlian
Ketika Anda mendengar kata berlian, Anda mungkin membayangkan kristal yang berkilauan berbentuk segilima, bulat, oval, marquis, atau segiempat dipotong dengan aspek yang memantulkan cahaya.
berlian persegi

Namun apakah anda tahu kalau berlian seindah itu didapatkan dari intan?

Intan adalah berlian yang ditemukan di alam yang terbentuk secara alamiah di bumi selama miliaran tahun. Intan ini memiliki bentuk, ukuran dan warna yang lebih cemerlang dari batu permata lainnya.

intan - berlian mentah

Sepanjang sejarah, intan telah dikagumi karena keindahannya. Intan dianggap memiliki sifat penyembuhan dan energi khusus. Ada suatu masa ketika konsep mengubah intan sama saja dengan menghancurkan kekuatan khusus yang dimilikinya. Hingga sampai pada abad ke-14 bahwa intan mulai dipotong dan dipoles untuk akhirnya memiliki tampilan yang sekarang dapat kita lihat dalam cincin pertunangan, kalung, anting-anting dan perhiasan berlian lainnya.

Proses memotong dan memoles intan umumnya membutuhkan bantuan berlian lain. Karena intan adalah substansi yang paling keras, berlian industri digunakan untuk memotong intan yang berharga. Diperlukan keterampilan yang tinggi untuk mengetahui di mana harus memotong dan cara menangani cacat alami pada berlian. Proses pemolesan dilakukan sehingga memungkinkan cahaya untuk dibiaskan ke dalam dan melalui berlian. Dalam beberapa tahun terakhir keindahan alami dan intrinsik dari intan telah menjadi mode. Intan telah memberikan inspirasi bagi merek perhiasan untuk membuat mata perhiasan menggunakan intan yang belum dibentuk dan kasar. Pengaturan dirancang di sekitar berlian. Karena intan, tidak seperti potongan berlian yang dipoles yang bentuknya seragam. Ada keunikan yang dimiliki dalam setiap perhiasan intan karena tidak ada dua intan yang serupa.

Perbedaan Intan dan Berlian

Pada akhirnya, perbedaan antara intan dan berlian adalah :
Intan merupakan keadaan alami alotrop karbon yang membentuk kristal tetrahedral,
sedangkan berlian adalah hasil dari intan yang telah diproses.

Atau sudah dijelaskan di KBBI bahwa intan dan berlian itu berbeda, dengan makna masing-masing adalah sebagai berikut :
Intan adalah; 1 batu permata yang berkilauan berasal dari karbon murni dalam bentuk kristal (zat yang terkenal paling keras, dipakai untuk permata cincin, gelang, kalung, giwang, bros, dan sebagainya); 2 kristal karbon murni yang dipakai sebagai alat pemotong kaca, jarum gramofon, dan sebagainya.
Berlian adalah; intan yang diasah baik-baik hingga indah kemilau cahayanya

Perbedaan Intan dan Berlian dilihat dari Kimia

Bagaimana jika dilihat dari sudut pandang kimia? Apa perbedaan dari intan dan berlian?
Baiklah mari masuk ke pembahasan mengenai kimianya,

Jadi perbedaan struktur kimia dari intan dan berlian ini adalah tidak ada bedanya. hehehehe

istilah ini hanya dibedakan karena hal tadi saja yaitu intan merupakan kristal karbon tetrahedral alami yang belum diproses, sedangkan berlian adalah kristal karbon tetrahedral yang telah melalui proses cutting, dan pemolesan, sehingga bentuknya menjadi sesuai standar keindahan yang berlaku. Struktur kimia tidak berubah.

struktur kristal diamond
struktur kristal diamond

ibarat nih ibarat.
-Ada kayu dipotong jadi meja, struktur kimianya ya juga masih selulosa. nah begitu kira kira.-

Memang di kimia lebih sering menggunakan versi bahasa inggris saja kalau mau menunjuk pada kristal karbon tetrahedral, yaitu "diamond". Untuk menghindari kesalahpahaman zat yang dimaksud, karena maksudnya "diamond" lebih menunjuk pada struktur kimianya, yaitu kristal karbon tetrahedral, bukan soal sudah di potong atau masih mentahnya.

Diamond sering dipakai juga, karena intan dalam bahasa inggris juga disebut diamond, hanya diberi kata sifat "rough atau raw". menjadi rough diamond atau raw diamond. yang artinya diamond kasar, atau diamond mentah.

Nah sekarang tebak artikel ini termasuknya kimia apa?
Ada yang mau bantu mengelompokkan, ini kimia organik atau anorganik hayo?

kan diamond itu karbon? hehehe

hitung 3 detik

1

2

3

iya bener, materi ini lebih cocok dimasukkan ke kategori kimia anorganik.
Karena meskipun karbon, struktur kristal yang dibentuk ialah jenis struktur kristal anorganik.
Jadi, Berlian merupakan kelompok kimia anorganik.

Ya begitulah penjelasan mengenai perbedaan intan dan berlian, semoga bermanfaat ya..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Intan dan Berlian"

Posting Komentar