Rumus Kimia Urea Beserta Penjelasan dan Kegunaannya

Anda mungkin sering mendengar urea, pada pupuk, atau juga di air kencing kita. Nah sebenernya apa itu urea dan bagaimana rumus kimianya?

Urea, memiliki rumus kimia (NH2)2CO, banyak versi sih, namun sesuai dengan molekulnya, sepertinya rumus kimia ini yang paling tepat.
Bisa dilihat pada gambar struktur kimia urea berikut
gambar struktur kimia urea
ada juga gambar struktur molekul 3D urea berikut
Keterangan :

  • Warna abu-abu diibaratkan atom karbon
  • Warna biru diibaratkan atom atom nitrogen
  • Warna merah diibaratkan atom Oksigen
  • warna putih diibaratkan atom hidrogen 

Nah terlihat bahwa disana terdapat atom C yang berikatan dengan dua atom nitrogen, Atom C juga berikatan rangkap dengan satu atom O,
Maka penulisan rumus molekul urea sebagai (NH2)2CO semakin masuk akal.

Sekarang kita lanjut ke pembahasan selanjutnya,

Apa itu Urea?

Urea merupakan senyawa organik tersusun dari unsur nitrogen, karbon, oksigen dan hidrogen. Jika dilihat dari strukturnya, urea ini tersusun atas karbonil dan membentuk amida (berikatan dengan unsur N), maka dari itu urea ini memiliki nama lain yaitu carbamide. Urea adalah salah satu limbah produk sampingan yang dikeluarkan ketika tubuh memetabolisme protein untuk digunakan. Meskipun tubuh mengeluarkan urea sebagai limbah, rupanya urea memiliki kegunaan di lain sisi.

Sejarah Urea

Pada tahun 1773, ilmuwan Prancis bernama Hillaire M. Rouelle mengisolasi urea dari urin manusia. Kemudian, Friedrich Wohler, seorang kimiawan Jerman, men-sintesis urea dari amonium sianat pertama kalinya seseorang mensintesis senyawa organik secara kimia. Pada tahun 1864, kimiawan Jerman Adolph Bayer menemukan cara membuat barbiturat, depresan sistem saraf pusat, dengan mereaksikan urea dengan asam malonat.

Urea pada Metabolisme di Tubuh

Ketika tubuh mencerna protein, salah satu hasilnya adalah adenosin-5-trifosfat, juga dikenal sebagai ATP. ATP adalah bentuk energi yang tersimpan yang dapat digunakan tubuh untuk bergerak. Produk dari metabolisme protein ini tidak hanya energi, tetapi juga zat kimia produk sampingan yang dibuang sebagai limbah dari metabolisme.
Produk samping ini salah satunya adalah urea, produk samping limbah katabolisme protein yang lainnya adalah karbon dioksida, air dan amonia. Urea dilepaskan dari tubuh melalui urin.

Urea digunakan sebagai Pupuk

Sebagian besar urea yang diproduksi di Amerika setiap tahun digunakan untuk pupuk. Urea memiliki kandungan nitrogen yang tinggi, yang dapat terurai di tanah dan digunakan untuk menyuburkan berbagai tanaman.

Urea digunakan untuk Industri

Urea murah untuk diproduksi dan dibawa, dan telah digunakan di berbagai industri. Resin urea-formaldehida diproduksi sebagai perekat untuk kayu dan produk kertas. Urea juga digunakan di dalam antifreezes. Urea juga digunakan sebagai peredam katalitik selektif untuk menghilangkan polusi oksida nitrat yang dihasilkan dari tangki diesel (digunakan pada kendaraan bus, truk). Urea disemprotkan ke tangki diesel dan kemudian mengubah oksida nitrat berbahaya menjadi nitrogen dan air.
Keseluruhan reaksi urea dalam menghilangkan polusi oksida nitrat adalah sebagai berikut


Pada Nitrat Monoksida : 2 (NH
2
)
2
CO
 + 4 NO + O
2
 → 4 N
2
 + 4 H
2
O
 + 2 CO2 dan
Pada Nitrat Dioksida : 2 (NH
2
)
2
CO
 + 3 NO
2
 → ​2 12 N2 + 4 H2O + 2 CO2 

Kegunaan Urea pada diagnosa Penyakit

Kadar urea yang tidak normal dalam urin bisa menjadi indikasi penyakit ginjal. Tes nitrogen urea darah (BUN) dan urin urea nitrogen (UUN) untuk tingkat urea bagi mereka yang berisiko gagal ginjal atau penyakit ginjal stadium akhir.

Begitulah beberapa penjelasan mengenai urea, beserta kegunaannya.
Semoga dapat menambah pengetahuan kita.


Referensi
https://sciencing.com/facts-5148741-urea.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus Kimia Urea Beserta Penjelasan dan Kegunaannya"

Posting Komentar